After Bloody Sunday

15 Feb

Padmanaba Donor Darah 2011 “Bukti Cinta untuk Sesama” dapat berjalan dengan lancar dan supersukses. Minggu, 13 Februari 2011 menjadi momen tidak terlupakan buat PJRC. Kerja keras selama hampir dua bulan lebih terbayar sudah. Perolehan 181 calon pendonor, dan 117 kantong darah merupakan sesuatu yang patut dibanggakan. Satu lagi konstribusi kami kepada masyarakat Yogyakarta, dan terlebih lagi untuk Padmanaba.

 

Sebelumnya kami meminta maaf kepada para pendonor, calon pendonor, maupun pra-calon pendonor atas ketidaknyamanan yang kami buat pada hari H. Pertama, mengenai kuota yang kami berikan. Kami tidak pernah bermaksud memberikan batasan kuota untuk calon pendonor. Dan batasan yang kami berikan kemarin, dikarenakan calon pendonor sudah membludak pada pukul 12 siang, sedangkan petugas PMI yang hadir hanya sedikit, dan jadwal menuntut kami untuk selesai pada pukul dua siang. Jadi kepada pra-calon pendonor yang sudah datang ke SMA 3 dan terpaksa kami tolak, kami memohon maaf yang sebesar-besarnya.

 

Kedua, kami minta maaf atas kegiatan donor darah berlangsung melebihi jadwal yang telah ditentukan. Pada rundown acara, kami telah menentukan acara akan berlangsung mulai pukul 10 hingga pukul 2 siang SAJA. Tapi kami justru memperpanjang waktu hingga pukul setengah 5 sore, yang menyebabkan para calon pendonor menunggu terlalu lama. Hal ini terpaksa kami lakukan, karena menjelang penutupan ternyata calon pendonor yang masih mengantri sangat banyak jumlahnya. Tidak manusiawi kalau kami harus menyuruh calon pendonor yang telah mengisi formulir itu untuk pulang. Maka atas persetujuan PMI kami memperpanjang waktu pendonoran. Jadi bagi calon pendonor yang menunggu terlalu lama, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan tersebut.

 

Sedikit cerita dibalik kesuksesan Padmanaba Dondar. Bukan PJRC namanya kalau tidak mengalami kejadian darurat, kejadian yang urgen, yang tiba-tiba, unexpectable, dan butuh pertolongan segera. Perjuangan kami menuju tanggal 13 tidaklah mudah. Berbagai masalah mulai dari pembentukan panitia yang sedikit terlambat, kesulitan mencari koordinator divisi, hilangnya data pendonor, sampai rumitnya koordinasi dengan PMI, pernah kami alami. Membludaknya calon pendonor, itu juga di luar skenario. Kami hanya memasang target 175 calon pendonor, kartu nomor urut sudah kami buat HANYA sampai nomor 175, tapi kenyataan di lapangan kami harus membuat nomor urut baru karena tentu saja nomor urut yang kami sediakan telah ludes. Merepotkan memang, tapi menyenangkan.

 

Kesuksesan kami tidak lepas dari bantuan, partisipasi, motivasi, dan doa dari berbagai pihak. Kami, panitia Padmanaba Donor Darah 2011 “Bukti Cinta untuk Sesama” mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada, pertama, masyarakat Jogja yang telah berpartisipasi di kegiatan kami. Terima kasih atas partisipasi Anda semua, kami tidak mungkin memperoleh kesuksesan ini tanpa partisipasi Anda. Kedua, PMI cabang Kota Yogyakarta. Terima kasih atas kesediaan PMI melakukan prosedur donor darah dan sanggup menyelesaikannya dengan baik meski melebihi waktu yang telah ditentukan. Ketiga, teman-teman Padmanaba yang terus memberikan semangat kepada kami, teman-teman Padmanaba yang turut berpartisipasi dalam kegiatan kami, terima kasih banyak.

 

Terakhir, terima kasih sebesar-besarnya kepada Tuhan Yang Maha Esa. Alhamdulillah, segala puji bagi-Mu ya Allah, kami bisa melaksanakan kegiatan ini dengan lancar dan mendapat sukses besar. Terima kasih telah memudahkan kami untuk melalui segala masalah yang ada. Terima kasih telah mendengar keluh kesah kami selama ini. Terima kasih telah mendengar doa kami selama ini. Terima kasih Tuhan, telah mengizinkan kami untuk membuktikan cinta kami terhadap sesama.

 

Bhakti vidya ksatria tama, tan lalana labet tunggal bangsa, jaya jaya Padmanaba, hidup Padmanaba

 

Ditulis oleh: Karin

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s